%A NIM.: 16250008 Novita Salma Khairunnisa %O Pembimbing Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., MAIS %T DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE SISWA SDLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial orangtua terhadap tugas online siswa tunagrahita di SDLB C Wiyata Dharma 2 Sleman. Semenjak diberlakukannya pembelajaran secara online terkait adanya pandemic covid, keterlibatan dan peran orangtua sangatlah dibutuhkan, karena orangtua adalah orang terdekat yang bertanggungjawab terhadap kebutuhan serta pendidikan anak. Dan penting adanya dukungan orangtua kepada anak, terutama anak berkebutuhan khusus salah satunya adalah tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua kepada anak selama pembelajaran online yaitu meliputi dukungan sosial emosional, dukungan sosial instrumental, dukungan sosial penghargaan dan dukungan sosial informatif. Dengan adanya dukungan sosial ini anak menjadi merasa dihargai, diperhatikan dan dicintai. %K Dukungan Sosial Orangtua, Pembelajaran Tunagrahita, dan Pembelajaran Online %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib42851