TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Irsyadunnas, M.Ag ID - digilib42895 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42895/ A1 - Zidna Ilma Nafia, NIM.: 16220066 Y1 - 2021/03/16/ N2 - Menghafal Al-Qur?an bukanlah sesuatu hal yang mudah, oleh karenanya harus mempunyai niat dan tekad yang kuat sehingga dalam proses menghafal Al-Qur?an tidak terlalu berat dan menjadi beban. Diantara usia emas dalam menghafal adalah masa kanak-kanak, sedangkan pada masa kanak-kanak yang sangat erat dengan fase bermain mereka dituntut setiap harinya untuk menghafal. Oleh karena itu dalam proses menghafal Al-Qur?an membutuhkan orang lain atau pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bimbingan menghafal Al-Qur?an yang dilakukan oleh pembimbing untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur?an di Pondok Pesantren Anak-anak Nurul Ulum Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pembimbing dan beberapa anak atau santri. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadzah, pengurus dan santri nurul ulum. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pelaksanaan bimbingan menghafal Al-Qur?an pada santri di PP Nurul Ulum Bantul menggunakan metode secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung meliputi:setoran hafalan, setoran muroja?ah, ujian hafalan dan menulis mushaf. Sedangkan secara tidak langsung meliputi: papan bimbingan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan agama; motivasi; menghafal A-qur'an M1 - skripsi TI - BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR?AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR?AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 107 ER -