%0 Thesis %9 Skripsi %A NURRIA KUSUMA RAHAYU, NIM.: 16250020 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:42912 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Peningkatan Kesejahteraan, Ekonomi Keluarga, Bakpia Pathuk %P 110 %T UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Home Industry Bakpia Pathuk di Kampung Sanggrahan, RW 05, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42912/ %X Berbagai macam usaha dilakukan oleh manusia dalam upaya mensejahterakan ekonomi keluarganya dengan menciptakan peluang usaha baru berskala industry rumah tangga termasuk usaha oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu home industry bakpia pathuk. Didirikannya usaha home industry bakpia pathuk merupakan bentuk karya nyata yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok untuk menciptakan lapangan kerja baru yang bisa membantu dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemilik home industry bakpia pathuk dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya, dimana dalam melakukan usaha tersebut terdapat hambatan yang ada serta apa hasil yang didapat dengan mendirikan home industry bakpia pathuk. Peneliti juga ingin mengetahui bagaimana indikator kesejahteraan yang dilihat dari beberapa aspek kehidupan seperti dari aspek materi, fisik, mental dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian data peneliti menggunakan teknik triagulasi dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu upaya yang dilakukan oleh pemilik home industry bakpia pathuk dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya dengan cara memastikan modal yang ada untuk berjualan, melakukan inovasi produk agar tidak tertinggal di pasaran, meningkatkan managemen usaha, menentuka pemasaran produk agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk dan meningkatkan hubungan sosial. Dengan upaya yang dilakukan tersebut mendapatkan hasil sebagai mata pencaharian, membuka lowongan pekerjaan, memperbaiki tempat tinggal dan membantu meningkatkan pendidikan. %Z Pembimbing Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph. D