TY - THES N1 - Pembimbing : Raekha Azka, M.Pd. ID - digilib42924 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42924/ A1 - Dzurotun Ni?mah, NIM.: 13600047 Y1 - 2020/07/03/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap pemahaman konsep siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji mann-whitney. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa memperoleh nilai signifikansi 0,386 dimana nilai lebih dari 0,05. Hal ini berarti hasil posttest kelas eksperimen tidak lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kesimpulannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe GI tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Pembelajaraan Kooperatif KW - Group Investigation KW - Pemahaman Konsep. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IPS MAN 2 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 145 ER -