eprintid: 4293 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/42/93 datestamp: 2012-09-06 10:31:36 lastmod: 2016-12-14 07:51:36 status_changed: 2012-05-04 16:45:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL ARFINANTI - NIM. 06600051, title: IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Metode Inside-Outside Circle, Belajar Tuntas (Mastery Learning) note: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si 2. Suparni, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mencapai belajar tuntas (mastery learning) siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan pada pembelajaran matematika yang diupayakan dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan tahun ajaran 2009/2010. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil evaluasi, hasil LKS, hasil angket, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi foto. Validasi data dalam penelitian ini di antaranya dilakukan dengan member check, teknik trianggulasi, key respondents review, dan expert opinion. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman di mana ada tiga tahap yang dilakukan setelah pengumpulan data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Inside-Outside Circle dapat membantu tercapainya belajar tuntas siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Inside-Outside Circle diperoleh hasil 87,18% dari populasi kelas telah mencapai KKM 75% pada tujuan pembelajaran dengan indikator menentukan jenis segitiga, jika diketahui tiga buah sisi segitiga tersebut, 85% dari populasi siswa telah mencapai KKM 75% untuk indikator menggunakan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa untuk menghitung besar sudut atau panjang sisi suatu segitiga siku-siku dan 90% dari populasi kelas telah mencapai KKM 75% untuk indikator menggunakan teorema Pythagoras pada perhitungan diagonal sisi dan ruang pada kubus dan balok. Penerapan metode Inside-Outside Circle dilakukan dengan pemberian tugas berupa soal dalam LKS. Dengan menyelesaikan soal LKS dan menjelaskan hasil diskusinya diharapkan siswa dapat menguasai materi. date: 2010-04-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-20 12:10:26 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurularfin-4073-1-nurular-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/82/digilib-uinsuka--nurularfin-4073-1-nurular-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=4587 ; nama file lama : NURUL ARFINANTI - NIM. 06600051 IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1881780 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURUL ARFINANTI - NIM. 06600051, (2010) IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4293/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4293/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf