@phdthesis{digilib4294, month = {April}, title = {HUBUNGAN KEPEMILIKAN BUKU PEGANGAN SISWA DAN MINAT BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { EKA WAHRURIYANTI - NIM. 05440002}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si., M.A.}, keywords = {Kepemilikan Buku Pegangan Siswa, Minat Belajar, Prestasi Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4294/}, abstract = {Penelitian hubungan kepemilikan buku pegangan siswa dan minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan: (a) kepemilikan buku pegangan siswa dan minat belajar kimia secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia siswa, (b) kepemilikan buku pegangan siswa dengan prestasi belajar kimia apabila minat belajar kimia dikendalikan secara statistik, dan (c) minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia apabila kepemilikan buku pegangan siswa dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Kelas X terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 312 siswa dan kelas XI IPA terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data kepemilikan buku pegangan siswa dan minat belajar kimia dilakukan dengan menggunakan metode angket, sedangkan untuk prestasi belajar kimia siswa dengan menggunakan metode dokumentasi sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (a) ada hubungan yang signifikan antara kepemilikan buku pegangan siswa dan minat belajar kimia secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia, (b) tidak ada hubungan yang signifikan antara kepemilikan buku pegangan siswa dengan prestasi belajar kimia apabila minat belajar kimia dikendalikan secara statistik, dan (c) ada hubungan yang signifikan antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia apabila kepemilikan buku pegangan siswa dikendalikan secara statistik. Dengan demikian kepemilikan buku pegangan siswa dan minat belajar kimia, keduanya bukanlah faktor utama yang mempengaruhi prestasi belajar kimia siswa. } }