%0 Thesis %9 Skripsi %A Aprilia Afita Cindy, NIM.: 16420043 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2020 %F digilib:42945 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K media; mufradat; pembelajaran qawaid %P 113 %T EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QAWĀ’ID KELAS VIII MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42945/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui bagaimana pembelajaran qawā‟id melalui media permainan puzzle (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media permainan puzzle dalam pembelajaran qawā‟id. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi eksperimen (experimental reseach). Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai pretest 50,677 menjadi 74 nilai posttest. Kemudian hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan dari nilai pretest 52,625 menjadi 62,187 nilai posttest. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. (2) Media puzzle dikatakan efektif berdasarkan teori kriteria efektifitas yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Hal ini melihat dari nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen sebesar 74 lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol sebesar 62,187. %Z Pembimbing : Dr. Nurhadi, MA.