eprintid: 42945 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/04/29/45 datestamp: 2021-07-23 04:35:38 lastmod: 2021-07-23 04:35:38 status_changed: 2021-07-23 04:35:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Aprilia Afita Cindy, NIM.: 16420043 title: EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QAWĀ’ID KELAS VIII MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: media; mufradat; pembelajaran qawaid note: Pembimbing : Dr. Nurhadi, MA. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui bagaimana pembelajaran qawā‟id melalui media permainan puzzle (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media permainan puzzle dalam pembelajaran qawā‟id. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi eksperimen (experimental reseach). Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai pretest 50,677 menjadi 74 nilai posttest. Kemudian hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan dari nilai pretest 52,625 menjadi 62,187 nilai posttest. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. (2) Media puzzle dikatakan efektif berdasarkan teori kriteria efektifitas yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Hal ini melihat dari nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen sebesar 74 lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol sebesar 62,187. date: 2020-08-11 date_type: published pages: 113 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aprilia Afita Cindy, NIM.: 16420043 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QAWĀ’ID KELAS VIII MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42945/1/16420043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42945/2/16420043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf