eprintid: 42948 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/04/29/48 datestamp: 2021-07-23 04:54:08 lastmod: 2021-07-23 04:54:08 status_changed: 2021-07-23 04:54:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Tsania Nada Aslikha, NIM.: 16430018 title: PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS ispublished: pub subjects: pen_anak subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: musik angklung; taman kanak-kanak; kemandirian; bermain note: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. abstract: Berkenaan dengan sistem pendidikan di indonesia yang masih menganggap bahwa tolok ukur kecerdasan adalah pada bidang akademik saja. Permasalahan ini muncul dengan adanya seni yang masih dianggap dunia lain bagi pendidikan di indonesia. Lembaga pendidikan maupun orang tua banyak yang menganggap bahwa anak yang sukses adalah anak yang pintar dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran, implikasi serta faktor penghambat dan pendukung kegiatan bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini di TK Star Kids. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini karena mampu menanamkan nilai-nilai sosial diantaranya yaitu: nilai kerjasama, toleransi, kemandirian dan tanggungjawab. 2) Implikasi kegiatan bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak dapat dilihat dari proses awal kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi berlangsungnya kegiatan bermain musik angklung. 3) Faktor pendukung kegiatan bermain musik angklung dari segi internal yaitu : anak mudah mengikuti, dukungan wali murid, sarana dan prasarana memadai, pelatih dan strategi pembelajaran yang diterapkan, sedangkan dari segi eksternal yaitu masyarakat, pemerintah, lomba-lomba serta peran sosial media. Faktor penghambatnya yaitu: biaya dan jumlah anak serta kemampuan anak yang berbeda-beda. date: 2020-07-13 date_type: published pages: 167 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tsania Nada Aslikha, NIM.: 16430018 (2020) PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42948/1/16430018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42948/2/16430018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf