TY - THES N1 - Pembimbing : Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd ID - digilib42963 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42963/ A1 - Syalisya Putri Istiqomah Addina, NIM.: 16480047 Y1 - 2020/07/28/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi covid-19 yang membuat pemerintah memberi kebijakan tentang pembelajaran di sekolah ditidiakan dan mengganti pembelajaran dirumah dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pembelajaran luring dan daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Berbah 2 di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah studi komparasi dengan menggunakan desain penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV dengan siswa sebanyak 61 yang terdiri dari dua kelas A sebanyak 31 siswa dan B 30 siswa, sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji satu sampel kolmogorov (One Sample Kolmogorov-Smirnov) menggunakan bantuan program SPSS. Dengan hasil uji diperoleh nilai sig. hasil belajar luring 0,200 dan nilai sig. hasil belajar online 0,200. Menunjukkan bahwa data berdistrubusi normal. Uji hipotesis hasil penelitian ini pada data hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji Paired Sample Test diperoleh dengan nilai sig. 0,000 yang menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pebedaan antara saat pembelajaran luring dan daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Berbah 2 di masa pandemi covid-19 PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Luring KW - PembelajaranDaring KW - Hasil Belajar KW - Pandemi M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERBAH 2 DI MASA PANDEMI COVID-19 AV - restricted EP - 105 ER -