TY - THES N1 - Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I ID - digilib42964 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42964/ A1 - Rizka Amalia Safitri, NIM.: 16480032 Y1 - 2020/07/28/ N2 - Bahasa Arab di Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran wajib pada satuan pendidikan dibawah naungan Kementrian agama, mulai dari tingkatan dasar hingga perguruan tinggi. Tetapi dalam pelaksanaan atau penerapannya dalam pembelajaran mengalami berbagai macam masalah, masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajar adalah kurangnya motivasi belajar sehingga peserta didik malas belajar bahasa Arab, peserta didik tidak tertarik belajar bahasa Arab karena pelajaran yang tidak menyenangkan dalam proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. prosedur yang akan dilakukan oleh peneliti disini hanya sampai pada tahap level 1 yaitu melakukan penelitian untuk membuat rancangan produk tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat dan menguji produk tersebut serta menggunakan 6 langkah model Sugiyono. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, pengamat media dan peserta didik. Media Sahla Albi?aqah Al-?Arab?yyah mendapat skor rata-rata 9 termasuk kategori sangat kurang dari ahli materi dan dengan perbaikan. Sedangkan hasil dari 2 ahli media mendapat skor rata-rata 36,5 dan menunjukkan kategori sangat baik. Hasil dari penelitian ini adalah media layak dengan perbaikan yang disarankan oleh ahli materi, ahli media, serta media 100% mendapat respon positif oleh pengamat media dan peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Permainan Edukasi KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI ?SAHLA? ALBI?AQAH AL-?ARAB?YYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KELAS IV TAHUN AJARAN 2019/2020 AV - restricted EP - 99 ER -