@phdthesis{digilib42980, month = {June}, title = {GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MAN 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16490006 Fika Amini}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.}, keywords = {Gaya Kepemimpinan, Mutu Sekolah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42980/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat pentingnya peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan dan keberhasilan pendidikan di sekolah/madrasah. Lulusan yang berkualitas penting untuk dibahas karena kelak siswa akan menjadi salah satu sumber daya manusia yang akan menjadi pendukung utama dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, mutu lulusan sekolah/madrasah harus sangat diperhatikan, karena sekolah/madrasah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah, upaya serta faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan meliputi transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah kepemimpinan demokratis karismatik. Kepemimpinan kepala madrasah ini memiliki peran penting dalam peningkatan mutu lulusan di MAN 1 Yogyakarta, terlihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah di MAN 1 Yogyakarta mempengaruhi tingkat mutu lulusan yang terus meningkat setiap tahunnya. Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, pada tahun 2017 jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi berjumlah 70 siswa, pada tahun 2018 meningkat menjadi 175 siswa dan pada tahun 2019 menjadi 204 siswa. Peningkatan tersebut juga terlihat pada prestasi yang diraih siswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kejuaraan-kejuaraan yang diikuti tidak hanya pada tingkat Nasional namun juga pada tingkat Internasional.} }