TY - RPRT CY - Yogyakarta ID - digilib42983 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42983/ A1 - Nur Hamidi, - A1 - Ahmad Hanany Naseh, - Y1 - 2021/// N2 - Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji terkait konsep manusia dalam pandangan tasawuf serta implikasinya terhadap pelaksanaan pendidikan Islam. Tulisan ini merupakan library research yang mengacu pada dokumen atau literature terdahulu yang terkait. Hasil studi menyatakan bahwa prinsip positif dalam tasawuf dapat mengembangkan tingkah laku manusia sebagai sumber tindakan, sumber gerak, sumber normatif, motivasi, dan nilai. Di sisi lain, perkembangan perilaku dapat dibentuk dengan memahami karakter dan potensi manusia baik fisik maupun psikis. Kedua potensi ini merupakan bekal esensial untuk mengenal dan mengelola lingkungan serta mengenal Tuhan. Namun demikian, untuk memperoleh sifat-sifat karakter manusia, Tuhan memberikan tanda-tanda yaitu adanya kebutuhan untuk mencapai kekhasan pembeda antar makhluk. Potensi esensial manusia untuk berkembang atau tidak berkembang dapat dibentuk oleh alam dan campur tangan Tuhan. Konsep manusia dalam pandangan tasawuf berimplikasi terhadap.Pendidikan Agama Islam (PAI) di persekolahan, baik secara filosofis, pedagogis teoritis, maupun secara praktis. Secara filosofis, hakikat Pendidikan Agama Islam adalah pembentukan akhlak. Baik buruknya akhlak seseorang berasal dari hatinya. Jika hatinya baik, maka akhlak yang ditimbulkan akan baik. Sebaliknya, jika hatinya buruk maka akhlaknya pun akan buruk. Ilmu yang secara khusus mengkaji akhlak adalah ilmu tasawuf. PB - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Manusia; Tasawuf; Pendidikan Islam M1 - project_report TI - Konsep Manusia dalam Pandangan Tasawuf dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam AV - public EP - 19 ER -