eprintid: 42987 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/29/87 datestamp: 2021-07-21 06:36:42 lastmod: 2021-07-21 06:36:42 status_changed: 2021-07-21 06:36:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dyah Khoirunnisa, NIM.: 17102020036 title: BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Klasikal, Meningkatkan Konsep Diri note: Pembimbing Nailul Falah, S.Ag, M.Si abstract: Remaja adalah suatu masa yang berada pada batas peralihan kehidupan anak dan dewasa. Rentang masa remaja cukup panjang, terutama area negara industri maupun di negara sedang berkembang. Masa remaja dimana individu masih dalam pencarian jati diri dan belajar untuk meningkatkan konsep dirinya sendiri, karena konsep diri mepunyai peranan yang penting bagi individu remaja untuk menentukan perilakunya. Dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal yang ada di pogram BK dalam meningkatkan konsep diri siswa yang sangat bermanfaat bagi seluruh siswa karena di suatu kelas memungkinkan adanya perbedaan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahaptahap yang dilakukan guru BK dalam melakukan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tahap-tahap layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas VIII SMP N 5 Yogyakarta terdapat 5 tahap, yaitu: 1. Perencanaan Kegiatan, 2. Pengorganisasian, 3. Pelaksanaan, 4. Monitoring dan Penilaian, 5. Tindak Lanjut. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 105 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dyah Khoirunnisa, NIM.: 17102020036 (2021) BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42987/1/17102020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42987/2/17102020036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf