%0 Thesis %9 Skripsi %A Fillah Babul Fathatul Jannah, NIM.: 16490015 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2020 %F digilib:42989 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Keaktifan Siswa, Peran Guru, Ekstrakulikuler %P 152 %T PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DAN PERAN GURU PENDAMPING DALAM EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH TERHADAP SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH PACIRAN LAMONGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42989/ %X enelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dan peran guru pendamping dalam ekstrakurikuler muhadharah terhadap sikap kepercayaan diri santri. Penelitian ini berdasarkan teori Kahler dan Achmad tentang membangun rasa percaya diri melalui sebuah tekanan atau apresiasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Selanjutnya, penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Paciran, Lamongan dengan sampel 289 santri dari populasi 1.021 santri. Pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata, yaitu melalui teknik random sampling dengan menggunakan random table. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam esktrakurikuler muhadharah ( %Z Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag., MA.