eprintid: 42989 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12461 dir: disk0/00/04/29/89 datestamp: 2021-07-23 06:41:14 lastmod: 2021-07-23 06:41:14 status_changed: 2021-07-23 06:41:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: anik.azizah@uin-suka.ac.id creators_name: Fillah Babul Fathatul Jannah, NIM.: 16490015 title: PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DAN PERAN GURU PENDAMPING DALAM EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH TERHADAP SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH PACIRAN LAMONGAN ispublished: pub subjects: kar_ subjects: pen_isl divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Keaktifan Siswa, Peran Guru, Ekstrakulikuler note: Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag., MA. abstract: enelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dan peran guru pendamping dalam ekstrakurikuler muhadharah terhadap sikap kepercayaan diri santri. Penelitian ini berdasarkan teori Kahler dan Achmad tentang membangun rasa percaya diri melalui sebuah tekanan atau apresiasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Selanjutnya, penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Paciran, Lamongan dengan sampel 289 santri dari populasi 1.021 santri. Pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata, yaitu melalui teknik random sampling dengan menggunakan random table. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam esktrakurikuler muhadharah ( date: 2020-05-18 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fillah Babul Fathatul Jannah, NIM.: 16490015 (2020) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DAN PERAN GURU PENDAMPING DALAM EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH TERHADAP SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH PACIRAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42989/1/16490015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42989/2/16490015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf