%A KHODHROUL FIRDAUS - NIM. 05710034 %O Pembimbing: R.Rachmy Diana, S.Psi, M.A %T EFEKTIVITAS PERMAINAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PRASEKOLAH DI TK SUNAN PANDAN ARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini merupakan usaha untuk mengetahui pengaruh permainan flashcard terhadap kemampuan membaca pada anak prasekolah. Subjek yang digunakan adalah anak-anak TK Sunan Pandan Aran yang berjumlah 24 anak yang terbagi dalam dua kelompok yaitu : kelompok ksperimen; kelompok yang mendapatkan perlakuan berupa media flashcard dan kelompok kontrol; kelompok yang mendapatkan placebo berupa dongeng. Kemampuan membaca dalam penelitian ini diukur menggunakan tes kemampuan membaca. Analisis yang digunakan untuk mencari pengaruh flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak prasekolah adalah uji-t. Hasil statistik menunjukkan nilai p=0,002 (p 0,05) dengan t=3,563 artinya ada perbedaan antara post-test kedua kelompok, atau ada perbedaan kemampuan membaca antara kelompok anak yang diberi perlakuan berupa flashcard dengan yang tidak diberi perlakuan berupa flashcard. %K Flashcard, Kemampuan membaca, Inteligensi %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4301