TY - THES N1 - Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. ID - digilib43015 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43015/ A1 - Lia Rahmawati, NIM.: 16600009 Y1 - 2020/08/31/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 16 Yogyakarta pada kelas VII A, VII B, dan VII C tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecerdasan logis matematis dan skala kecerdasan linguistik. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kecerdasan Logis Matematis KW - Kecerdasan Linguistik KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 171 ER -