eprintid: 43039 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12461 dir: disk0/00/04/30/39 datestamp: 2021-07-26 05:52:27 lastmod: 2021-07-26 05:52:27 status_changed: 2021-07-26 05:52:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: anik.azizah@uin-suka.ac.id creators_name: Elya Faizah, NIM.: 16670015 title: PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_kim divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Modul Pembelajaran, Higher Order Thinking Skills, Ikatan Kimia note: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd. abstract: Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kemampuan yang mendapatkan perhatian dalam pembelajaran abad 21 mengingat dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dalam menginterpretasikan fenomena yang lebih kompleks. Berdasarkan hasil studi PISA 2018, Indonesia menduduki peringkat ke-71 dari 79 negara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bermuatan HOTS pada materi ikatan kimia (mengingat materi ikatan kimia merupakan materi yang bersifat konseptual yang merupakan penghubung antar konsep) dan menganalisis kualitas modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi ikatan kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi ikatan kimia yang memuat soal-soal berkarakteristik HOTS dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 90,63% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 97%. date: 2020-08-27 date_type: published pages: 184 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Elya Faizah, NIM.: 16670015 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43039/1/16670015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43039/2/16670015_BAB-II%20sampai%20SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf