@phdthesis{digilib43074, month = {August}, title = {ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DURUSU AL LUGHAH AL ??ARABIYYAH KELAS X KELOMPOK PEMINATAN MA KEAGAMAAN TERBITAN KEMENAG RI TAHUN 2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16420045 Ummul Farida Hidayati}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi., MM.}, keywords = {Pendidikan Bahasa Arab, Buku Pelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43074/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 Dur{\=u}su al Lughah Al ??Arabiyyah kelas X Kelompok Peminatan MA Keagamaan terbitan Kemenag RI tahun 2016 sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku ajar sebagai pedoman bahan ajar pelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas X ditinjau dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 Dur{\=u}su al Lughah Al ??Arabiyyah kelas X Kelompok Peminatan MA Keagamaan terbitan Kemenag RI tahun 2016. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks ini sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks yang baik dari segi isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan sesuai dengan standar penilaian kelayakan buku teks yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keruntutan dan keterpaduan alur perbab sudah sangat bagus dan sesuai. Akan tetapi, tingkat kerumitan dan variasi materi belum disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam 5 tahun terakhir.} }