eprintid: 43081 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/30/81 datestamp: 2021-07-23 07:44:21 lastmod: 2021-08-02 05:36:00 status_changed: 2021-07-23 07:44:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Sahrul Khirom, NIM.: 16540030 title: IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: agama200 subjects: man_perus divisions: jur_soa full_text_status: restricted keywords: Social Enterprenuership, Impelentasi Nilai-Nilai Agama, Perilaku Manajerial, Perusahaan Ayam Geprek dan Susu (PREKSU) note: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi. abstract: Wirausaha atau bisnis pada umunya dilakukan untuk merauk keuntungan sebesar-besarnya. Berlomba-lomba mendapat laba yang tinggi, bukan menyelesaikan permasalahan, namun memunculkan masalah-masalah baru. Kompetisi diantara para pengusaha dalam mengembangkan bisnis nyatanya sudah melampaui batas kewajaran. Segala cara dilakukan untuk menguasai arena kompetisi. Dimensi moral dan spiritual rasanya tidak lagi menjadi ruang pengendali tindakan-tindakan para pengusaha. Social enterprenuership hadir sebagai upaya penyelesaian masalah sosial melalui kegiatan wiarausaha. Orientasi utama social enterprenuership adalah pada misi sosial, tidak lagi berorientasi pada profit. Hal ini menarik minat peneliti untuk mengupas lebih dalam mengenai penerapan social enterprenuership. Sistem ini menjadi trobosan baru dalam dunia ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya digunakan sebagai ladang untuk mencari materi saja, tapi juga digunakan sebagai media penyelesaian masalah sosial. Berdasarkan uaraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan social enterprenuership dan implikasinya terhadap perilaku manajerial karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer, melalui observasi dan wawancara, serta sumber data sekunder melalui kajian pustaka dan dokumentasi mengenai tema yang sama. Analisis data dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Penulis berpedoman pada gagasan Gregory Dees untuk menjelaskan konsep social enterprenuership. Teori Pertukaran Sosial Peter M Blau digunakan untuk mengkaji implementasi nilai- nilai agama dan implikasi nilai-nilai Islam terhadap perilaku manjerial karyawan. Hasil penelitian ini memaparkan penerapan social enterprenuership di perusahaan Preksu dilakukan melalui implementasi nilai-nilai agama Islam dalam sistem kerja dan tata aturan perusahaan. Social enterprenuership di perusahaan Preksu mempunyai beberapa program yaitu shalat tepat waktu dan berjama’ah, tadarus AlQur’an sebelum memulai pekerjaan, berpenampilan syar’i, kajian Islam setiap hari jum’at, menghadirkan suasana Islami di setiap outlet, mengadakan promo gratis makan dan minum bagi konsumen yang puasa sunnah senin/kamis dan membaca surat AlKahfi, dan mengadakan bakti sosial untuk pihak-pihak yang membutuhkan. Nilai-nilai Islam memberi implikasi terhadap perilaku manajerial karyawan berupa peningkatan ketaqwaan. Karyawan yang rajin ibadah serta religiusitasnya tinggi mendapat pengahargaan lebih baik dari pimpinan maupun karyawan lain. date: 2020-08-13 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Sahrul Khirom, NIM.: 16540030 (2020) IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43081/1/16540030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43081/13/16540030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf