@phdthesis{digilib43097, month = {July}, title = {MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE TIKR{\^A}R DI RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16430004 Khusnurrizki Imtinan Aksari}, year = {2020}, note = {Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd.}, keywords = {Pendidikan Anak Usia Dini, Metode Belajar, Tikrar,}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43097/}, abstract = {Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan metode tikr{\^a}r dalam kegiatan menghafal Al-Qur?an dan meningkatkan hafalan surat-surat pendek anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pencapaian hafalan surat-surat pendek anak sebelum diterapkan metode tikr{\=a}r, (2) untuk mengetahui penerapan metode tikr{\=a}r dalam meningkatkan hafalan suratsurat pendek anak, dan (3) untuk mengetahui hasil penerapan metode tikr{\=a}r bagi anak di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian ini mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian, dan cara analisis yang digunakan yaitu diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pencapaian hafalan surat-surat pendek anak sebelum diterapkan metode tikr{\=a}r menunjukkan kemampuan menghafal anak yang belum optimal dengan hasil sebesar 15,38\% atau 2 anak pada pencapaian anak dapat menghafal lancar sesuai dengan tajwid. (2) Penerapan metode tikr{\=a}r terbukti dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek anak pada pencapaian keberhasilan proses pembelajaran dengan kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkan metode tikr{\=a}r, terjadi peningkatan kemampuan menghafal anak yang berhasil pada siklus I sebesar 53,84\% atau 7 anak dan meningkat pada siklus kedua menjadi 84,59\% atau 11 anak berhasil dengan pencapaian penilaian kemampuan menghafal minimal anak dapat menghafal lancar sesuai dengan kaidah tajwid dan makhraj.} }