@phdthesis{digilib43117, month = {September}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL ?AL-ARABIYAH LI GHOIRIL ARAB? PADA KELAS PEMULA DI LEMBAGA MUSTAQILLI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16420049 Ahmad Nasyith Fikar}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.PdI.}, keywords = {Pendidikan Bahasa Arab, Metode Belajar, Buku Pelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43117/}, abstract = {Penerapan pembelajaran bahasa Arab memiliki berbagai cara dalam melaksanakannya, salah satunya penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan modul ?Al-Arabiyah li Ghoiril Arab? yang diterapkan oleh lembaga Mustaqilli Yogyakarta pada kelas pemula untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharpkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengtehaui bagaimana pelaksanaan serta tujuanpembelajaran bahasa Arab dengan modul ?Al-Arabiyah li Ghoiril Arab? pada kelas pemula lembaga mustaqilli, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini merupakan ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode yang digunakan yaitu metode Mustaqilli yang mentut peserta didik lebih aktif dalam melaksnakan proses pembelajaran. Tujuan yang diterapkan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan peserta dalam menguasai kemampuan berbahasa arab yang diharapkan. Adapun kelebihannya yaitu; 1) praktis, mudah dipahami,dan sederhana. 2) memprioritaskan prkatek dalam pelaksnaannya. 3) merangsang peserta didik lebih aktif. 4) peserta didik lebih terbiasa menggunakan bahasa Aarab. Kekuranganya yaitu; 1) sulit menerapkan disiplin belajar yang tinggi. 2) membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya.} }