TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.PdI. ID - digilib43117 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43117/ A1 - Ahmad Nasyith Fikar, NIM.: 16420049 Y1 - 2020/09/08/ N2 - Penerapan pembelajaran bahasa Arab memiliki berbagai cara dalam melaksanakannya, salah satunya penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan modul ?Al-Arabiyah li Ghoiril Arab? yang diterapkan oleh lembaga Mustaqilli Yogyakarta pada kelas pemula untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharpkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengtehaui bagaimana pelaksanaan serta tujuanpembelajaran bahasa Arab dengan modul ?Al-Arabiyah li Ghoiril Arab? pada kelas pemula lembaga mustaqilli, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini merupakan ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode yang digunakan yaitu metode Mustaqilli yang mentut peserta didik lebih aktif dalam melaksnakan proses pembelajaran. Tujuan yang diterapkan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan peserta dalam menguasai kemampuan berbahasa arab yang diharapkan. Adapun kelebihannya yaitu; 1) praktis, mudah dipahami,dan sederhana. 2) memprioritaskan prkatek dalam pelaksnaannya. 3) merangsang peserta didik lebih aktif. 4) peserta didik lebih terbiasa menggunakan bahasa Aarab. Kekuranganya yaitu; 1) sulit menerapkan disiplin belajar yang tinggi. 2) membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Bahasa Arab KW - Metode Belajar KW - Buku Pelajaran M1 - skripsi TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL ?AL-ARABIYAH LI GHOIRIL ARAB? PADA KELAS PEMULA DI LEMBAGA MUSTAQILLI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME) AV - restricted EP - 89 ER -