eprintid: 43117 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/04/31/17 datestamp: 2021-07-27 05:06:56 lastmod: 2021-07-27 05:11:33 status_changed: 2021-07-27 05:06:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Nasyith Fikar, NIM.: 16420049 title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL ”AL-ARABIYAH LI GHOIRIL ARAB” PADA KELAS PEMULA DI LEMBAGA MUSTAQILLI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME) ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Bahasa Arab, Metode Belajar, Buku Pelajaran note: Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.PdI. abstract: Penerapan pembelajaran bahasa Arab memiliki berbagai cara dalam melaksanakannya, salah satunya penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan modul “Al-Arabiyah li Ghoiril Arab” yang diterapkan oleh lembaga Mustaqilli Yogyakarta pada kelas pemula untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharpkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengtehaui bagaimana pelaksanaan serta tujuanpembelajaran bahasa Arab dengan modul “Al-Arabiyah li Ghoiril Arab” pada kelas pemula lembaga mustaqilli, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini merupakan ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode yang digunakan yaitu metode Mustaqilli yang mentut peserta didik lebih aktif dalam melaksnakan proses pembelajaran. Tujuan yang diterapkan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan peserta dalam menguasai kemampuan berbahasa arab yang diharapkan. Adapun kelebihannya yaitu; 1) praktis, mudah dipahami,dan sederhana. 2) memprioritaskan prkatek dalam pelaksnaannya. 3) merangsang peserta didik lebih aktif. 4) peserta didik lebih terbiasa menggunakan bahasa Aarab. Kekuranganya yaitu; 1) sulit menerapkan disiplin belajar yang tinggi. 2) membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya. date: 2020-09-08 date_type: published pages: 89 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Nasyith Fikar, NIM.: 16420049 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL ”AL-ARABIYAH LI GHOIRIL ARAB” PADA KELAS PEMULA DI LEMBAGA MUSTAQILLI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43117/2/16420049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43117/1/16420049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf