@phdthesis{digilib43119, month = {April}, title = {PENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF BAHASA TIPE GRAMMATICAL HUNTING DALAM PEMBELAJARAN QAW{\=A}?ID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16420051 Zaimatuz Zakiyah}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.}, keywords = {Pendidikan Bahasa Arab, Qawaid, Metode Belajar,}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43119/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 9 Bantul Yogyakarta. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting dalam pembelajaran qaw{\=a}?id yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran qawaid menggunakan metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting. 2) Mengetahui motivasi belajar bahasa Arab siswa setelah diterapkannya metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting. 3) Mengetahui perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui instrumen observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 23, setelah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar bahasa Arab siswa meningkat setelah diterapkannya metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting. Hal ini berdasarkan hasil uji paired sample t test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, berarti H diterima. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan hasil uji independent sample t test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 2,042 ? 2,001, berarti H diterima. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode permainan edukatif bahasa tipe Grammatical Hunting berpengaruh terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 9 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. a a} }