%0 Book %A Siti Zubaedah, - %A Azhariansah, - %A Laily Hidayati, - %C Yogyakarta %D 2018 %F digilib:43148 %I Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga %K Bercerita %P 194 %T SENI BERCERITA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43148/ %X Cerita memang nyatanya dapat mengungkapkan banyak hal yang tersimpan dalam fikiran maupun perasaan seseorang, yang dengan sedemikian rupa cara bercerita, dapat mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain yang menerima atau mendengarkan cerita tersebut. Telah banyak penelitian ilmiah yang menemukan bahwa bercerita berhubungan dengan kondisi emosi seseorang dan berpengaruh terhadap perilakunya. Hasil dari penelitian-penelitian tersebut menjadikan cerita sebagai metode pembelajaran yang favorit yang digemari, khususnya dalam praktik pendidikan anak usia dini. Kompleksitas proses mental yang terjadi ketika seseorang bercerita, yang hal itu ternyata dapat mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain yang menerima cerita, menjadikan metode bercerita ini sebagai sebuah seni, oleh karena teknik penyampaiannya yang indah dan bernuansa afektif.