@incollection{digilib43182, booktitle = {Prosiding Seminar Nasional Biologi, Lingkungan, Dan Pembelajaran "Peranan Pendidikan dan Biologi dalam Mengatasi Permasalahan Lingkungan"}, title = {Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di Kelas X MIA MAN Yogyakarta III}, author = {- Sri Lestari and - Dias Idha Pramesti}, address = {Jakarta}, publisher = {Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta}, year = {2015}, pages = {53--60}, keywords = {Model Project Based Learning, Information And Communication Technology, Minat, Hasil Belajar(ICT)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43182/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis Information and Communication Technology (ICT) di kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Parameter yang diukur meliputi hasil belajar, minat, dan tanggapan siswa dalam pembelajaran biologi khususnya materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XMIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U test dan Independent Samples t-test, serta analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta II. Hasil ujs statistik terhadap hasil belajar postiest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002a (0.05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap minat belajar siswa kelas XMIA I MAN Yogyakarta III. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor angket minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81.87 sementara kelas koeimol sebesar 78.36, serta hasil uji statistik terhadap data minat belajar diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.026a (0.05). Siswa kelas XMIA memberikan tanggapan sangat baik terhadap penggunsun model pembelajarun Project Based Learning berbasis ICT dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 85.44.} }