TY - BOOK ID - digilib43226 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43226/ A1 - Istiningsih dkk, - Y1 - 2021/// N2 - Pendidikan adalah jantung dari menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Masyarakan yang adil dan damai tidak dapat dicapai tanpa adanya pembelajaran setiap orang untuk hidup bersama secara berkelanjutan. Dengan memberdayakan kita semua untuk mengubah cara kita berfikir dan bertindak, PPB (Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan) merupakan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan bertujuan untuk mengubah masyarakat menuju perdamaian dan berkelanjutan melalui reorientasi pendidikan dan pembelajaran. Seperti yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam resolusi 72/222 yang diadopsi pada desember 2017, PPB adalah sarana yang vital untuk mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan dan pendukung utama dari semua tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs). Dijelaskan pula dalam UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1, butir 1, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Jadi menurut amanat UU No. 20 Tahun 2003 ini, peserta didik harus didorong untuk aktif mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, mampu mengendalikan diri, memiliki kepribadian yang kuat, akhlak yang mulia serta ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan yang implikasinya pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.SDGs mempunyai tantangan yang sangat besar dalam melakukan pembangunan berkelanjutan terutama di bidang peningkatan kualitas Pendidikan PB - Grafika Indah KW - Pendidikan Anak Usia Dini SN - 978-623-94291-8-8 TI - PENDIDIKAN ANAK USIA DINI AV - restricted ER -