<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ)"^^ . "Basmalah merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam surat al-Fatihah,\r\nyang mana membaca surat al-Fatihah sendiri merupakan salah satu rukun salat,\r\ndimana rukun merupakan bagian penting dari salat itu sendiri dan keabsahan salat\r\nbergantung padanya. Dalam kaitannya dengan bagaimana hukum membaca\r\nbasmalah sebelum membaca al-Fatihah, ada beberapa perbedaan pendapat dalam\r\npandangan ulama mazhab di mana Imam Malik berpendapat bahwa Basmalah\r\nsebelum al-Fatihah makruh dibaca ketika membaca surat al-Fatihah, Sedangkan\r\nImam asy-Syafi’i sepakat bahwa basmalah merupakan salah satu ayat dari surat\r\nal-Fatihah yang wajib dibaca pada setiap rakaat dalam salat, baik secara jahr\r\nmaupun sir, baik dalam salat fardhu maupun salat sunnah. Salah satu dalil yang\r\nmenjadi fokus pembahasan dan penelitian ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh\r\nimam Nasai, yaitu hadis tentang bagaimana hukum membaca basmalah dalam\r\nsalat. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapat imam\r\nMalik bin Anas dan imam Muhammad bin Idris asy-Syafi’I tentang hukum\r\nmembaca basmalah dalam salat, kemudian apa yang mendasari perbedaan\r\npendapat antara imam Malik bin Anas dan imam Muhammad bin Idris asy-Syafi’I\r\ndan bagaimana penerapan analisis taárud al-adillah terhadap hukum membaca\r\nbasmalah dalam salat. Dalam kenyataanya terkait hal perbedaan tentang hukum\r\nmembaca basmalah dalam salat yang mana antara yang satu dengan yang lainnya\r\nseringkali terjadi perselisihan hingga saling menyalahkan. \r\n Untuk menjawab pokok permasalahan di atas maka penulis menggunakan\r\npenelitian kepustakaan (library research) yaitu menganalisis muatan literaturliteratur\r\n\r\nyang terkait dengan perbandingan antara hubungan dua hadis tentang\r\nhukum membaca basmalah dalam salat. Sifat penelitian yang penulis gunakan\r\nadalah deskriptif analisis komparatif, yaitu penulis menggambarkan secara jelas\r\ndan terperinci tentang hubungan dua hadis tentang membaca atau tidak basmalah \r\ndalam salat. Kemudian menganalisisnya.\r\nBerdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa imam Malik \r\nberpendapat bahwasannya hukum membaca basmalah dalam salat dihukumi\r\nmakruh, baik dalam salat fardlu secara berjama’ah atau munfarid, baik secara sir\r\natau jahr. Akan tetapi diperbolehkan ketika salat sunnah. Sedangkan imam Syafi’i\r\nsendiri berpendapat bahwa basmalah wajib dibaca ketika salat, baik dalam salat\r\nfardlu ataupun salat sunnah, baik secara sir atau jahr. Meninggalkan satu ayat dari\r\nal-Fatihah sama halnya tidak membaca al-Fatihah didalam salat, dengan demikian\r\nsalat seorang yang meninggalkan basmalah tidak sah. \r\nYang mendasari adanya perbedaan pendapat antara imam Malik bin Anas\r\ndan imam Muhammad bin Idris asy-Syafi’I adalah pada metode istimbatnya, yang\r\nmana imam Malik bin Anas menggunakan ijma’ ahl madinah dan imam\r\nMuhammad bin Idris asy-Syafi’I menggunakan ijma’ ahl makkah. Kemudian\r\ndalam penyelesaian teori ta’arud al-adillah yaitu menggunakan jam’u wa altaufiq,\r\n\r\nTarjih, Nasakh, dan Tasaqut Dalilain. Dari beberapa cara penyelesaian\r\ntaárud al-adillah tersebut, penulis menggunakan cara jam’u wa at-taufiq karena mengamalkan kedua dalil itu lebih baik daripada meninggalkan atau mengabaikan\r\ndalil yang lainnya."^^ . "2021-04-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 17103060035"^^ . "YUHANIDZ ZAHRIYAH"^^ . "NIM.: 17103060035 YUHANIDZ ZAHRIYAH"^^ . . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Text)"^^ . . . . . "17103060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Text)"^^ . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT\r\n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \r\nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #43252 \n\nHUKUM MEMBACA BASMALAH DALAM SALAT \n(STUDI PERBANDINGAN PENDAPAT IMAM MALIK BIN ANAS \nDAN IMAM MUHAMMAD BIN IDRIS ASY-SYAFIÍ)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .