%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUL HIDAYAH NIM. 05470023, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4336 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pendidikan Akhlak bagi Remaja %T PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM KELUARGA GURU DI DESA SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4336/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang proses pendidikan akhlak bagi remaja dala keluarga guru di desa Srimartani, meliputi tujuan, materi dan metode, serta hambatan-hambatan yang dihadapi. Hasil penelitian ini secara teoritik bertujuan untuk membantu para orangtua yang berprofesi sebagai guru di desa Srimartani untuk lebih meningkatkan lagi pendidikan akhlak bagi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar masyarakat desa Srimartani. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode Deduktif adalah metode analisa data yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum dan bertitik tolak pada pengetahuan umum itu akan menilai sesuatu yang khusus dan juga Metode Induktif adalah pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus itu ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan akhlak bagi remaja dalam keluarga di desa Srimartani, para keluarga guru telah melaksanakan pendidikan akhlak bagi remaja secara optimal. Pelaksanakan pendidikan akhlak bagi remaja meliputi materi dan metode. Materi pendidikan akhlak bagi remaja adalah akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Sesama, diantaranya akhlak kepada orangtua, akhlak kepada rasulullah, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada kerabat/famili, dan terakhir akhlak kepada Lingkungan. Metode Yang digunakan adalah Pemeliharaan, Partisipasi, keteladanan, Nasehat serta pembiasaan/kebiasaan.Para orangtua memberikan pendidikan akhlak kepada remaja mempunyai tujuan yaitu menciptakan manusia-manusia berakhlak mulia, bertanggung jawab, manusia berkualitas, dan manusia yang beramar ma'ruf nahi munkar. Sedangkan Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan akhlak bagi remaja dalam keluarga guru. Faktor pendukung meliputi suasana keluarga, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, terbatasnya pertemuan antara orangtua dengan si remaja, faktor lingkungan yang tidak baik, pengaruh teknologi informasi. %Z Pembimbing : H. Suismanto, M.Ag.