eprintid: 4336 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/43/36 datestamp: 2012-08-15 09:55:57 lastmod: 2017-03-20 02:31:06 status_changed: 2012-05-04 16:46:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL HIDAYAH NIM. 05470023, title: PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM KELUARGA GURU DI DESA SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Akhlak bagi Remaja note: Pembimbing : H. Suismanto, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang proses pendidikan akhlak bagi remaja dala keluarga guru di desa Srimartani, meliputi tujuan, materi dan metode, serta hambatan-hambatan yang dihadapi. Hasil penelitian ini secara teoritik bertujuan untuk membantu para orangtua yang berprofesi sebagai guru di desa Srimartani untuk lebih meningkatkan lagi pendidikan akhlak bagi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar masyarakat desa Srimartani. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode Deduktif adalah metode analisa data yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum dan bertitik tolak pada pengetahuan umum itu akan menilai sesuatu yang khusus dan juga Metode Induktif adalah pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus itu ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan akhlak bagi remaja dalam keluarga di desa Srimartani, para keluarga guru telah melaksanakan pendidikan akhlak bagi remaja secara optimal. Pelaksanakan pendidikan akhlak bagi remaja meliputi materi dan metode. Materi pendidikan akhlak bagi remaja adalah akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Sesama, diantaranya akhlak kepada orangtua, akhlak kepada rasulullah, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada kerabat/famili, dan terakhir akhlak kepada Lingkungan. Metode Yang digunakan adalah Pemeliharaan, Partisipasi, keteladanan, Nasehat serta pembiasaan/kebiasaan.Para orangtua memberikan pendidikan akhlak kepada remaja mempunyai tujuan yaitu menciptakan manusia-manusia berakhlak mulia, bertanggung jawab, manusia berkualitas, dan manusia yang beramar ma'ruf nahi munkar. Sedangkan Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan akhlak bagi remaja dalam keluarga guru. Faktor pendukung meliputi suasana keluarga, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, terbatasnya pertemuan antara orangtua dengan si remaja, faktor lingkungan yang tidak baik, pengaruh teknologi informasi. date: 2010-04-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-23 15:04:42 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurulhiday-4120-1-nurulhi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/83/digilib-uinsuka--nurulhiday-4120-1-nurulhi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4637 ; nama file lama : NURUL HIDAYAH - NIM. 05470023 PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM KELUARGA GURU DI DESA SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 703471 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURUL HIDAYAH NIM. 05470023, (2010) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM KELUARGA GURU DI DESA SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4336/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4336/2/BAB%20II%2CIII.pdf