eprintid: 43409 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12258 dir: disk0/00/04/34/09 datestamp: 2021-10-25 08:08:52 lastmod: 2021-10-25 08:08:52 status_changed: 2021-10-25 08:08:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irham Nasution, 0041040 title: STUDY TERHADAP PEMIKIRAN HASAN LANGGULING TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pemikiran Islam note: Drs. Sariono M.Si abstract: Pendidikan adalah masalah sentral dalam pendidikan, tanpa perumusan yang jelas dari tujuan pendidikan, perbuatan mendidik Kaitannya dengan tujuan pendidikan Islam dan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia, maka tujuan itu sendiri merupakan dunia cita, yakni suasana ideal yang ingin diwujudkan. Dalam tujuan pendidikan, suasana ideal itu nampak pada tujuan akhir (Llltimate Aims of Education) Tujuan akhir biasanya dirumuskan secara padat dan singkat seperti terbentuknya kepribadian muslim, kematangan, integritas, dan kesempurnaan pribadi. I I Sebagai dunia cita yang sudah ditetapkan, ia adalah idea statis. Tetapi sementara itu realitas dari tujuan itu adalah dinamis dan berkembang nilainilainya. Lebih-lebih pendidikan yang di dalamnya serat dengan nilai-nilai sosial, nilai-nilai ilmiah, nilai-nilai moral dan nilai-nilai agama. Di sini, orang berkeyakinan bahwa pendidikan menyimpan kekuatan yang luar biasa untuk 16 llMuhammad hloor Syam, Pengantar l¡i.çqfar Pendidikan (Malang; FIII-IKIP 1973),hlm 6 menciptakan keseluruhan aspek tersebut. date: 2004-12-01 date_type: published pages: 121 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan :Pendidikan Agama Islam(SI) thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Irham Nasution, 0041040 (2004) STUDY TERHADAP PEMIKIRAN HASAN LANGGULING TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43409/1/00410040_Bab%20I_Bab%20V_Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43409/2/00410040_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf