@phdthesis{digilib43434, month = {December}, title = {PENGARUH BELAJAR MUHADATSAH TER.HADAP BELAJAR BAHASA AR.AB SISWA KELAS II PUTRI MAKN SURAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 00420171 NURUL HIDAYATUL MUSLIKHAH}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.}, keywords = {Bahasa Arab, tata bahasa, nahwu, shorof}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43434/}, abstract = {Untuk menghindari salah pengertian serta memperjelas pemahaman terhadap skripsi yang penulis ajukan yang berjudul "PENGARUH BELAJAR MUHADATSAH TERFIADAP BELAJAR BATASA ARAB SISWA KELAS II PUTRI MAKN SURAKARTA." Maka penulis perlu memberikan beberapa penegasan istilah yang terdapat dalam judul tersebut, antaralain : 1. Pengaruh Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang.t 2. Belajar Muhadatsah Belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai hasil atau aktivitas secara langsung yang berhubungan dengan berbagai pengalaman. 2 Muhadatsah merupakan bentuk isim masdar mimie yang berasal dari kata dengan wazannya yang berarti percakapan. Kesimpulannya adalah; 1. Pelaksanaan Belajar Muhadatsah di Asrama Putri MAKN Surakarta Belajar muhadatsah di Asrama Putri MAKN Surakarta ditangani dan diatur oleh siswa sendiri dibawah bimbingan dan pengawasan dari asatidz, tepatnya dibawah tanggung jawab Departemen Bahasa OPPK Putri MAKN Surakarta. Adapun bentuk-bentuk kegiatan ini adalahsebagai berikut: a. Pengayaan, kegiatan pengayaan ini dilaksanakan setiap hari Rabu, Sabtu dan Ahad pagi dari pukul 05.00 sampai pukul 05.30 oleh seluruh siswa kelas I, lI dan III Putri MAKN Surakarta, selama pelaksanaan kegiatan ini dipandu oleh Departemen Bahasa secara langsung, sebelum kegiatan dimulai para siswa mencari pasangan masingmasing kemudian mereka mempraktikan bahasa sesuai dengan tema yang ditentukan oleh Departemen Bahasa. b. Kegiatan Keseharian Kegitan muhadatasah yang berbentuk kegiatan keseharian ini maksudnya kegiatan muhadatsah dijadikan alat komunikasi sehari-hari oleh siswa Putri MAKN Surakarta yaitu selama dua rninggu dalam sebulan. 2. Terdapat Pengaruh yang sangat signif{\^i}kan antara Belajar Muhadatsah di asrama dengan Belajar Bahasa Arab siswa di Kclas II Putri MAKN Surakarta} }