@phdthesis{digilib4344, month = {April}, title = {ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { RINA HANIPAH MUSLIMAH NIM. 06470001}, year = {2010}, note = {Pembimbing : M. Agus Nuryatno, MA, Ph.D.}, keywords = {Pendidikan multikultural, }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4344/}, abstract = {Bagi masyarakat Indonesia yang telah melewati reformasi, konsep masyarakat mutikultural bukan hanya sebuah wacana, atau sesuatu yang masih dalam bayangan. Tetapi,konsep ini adalah sebuah ideologi yang harus diperjuangkan. Dalam konteks ini, kita harus bersedia menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa mempedulikan perbedaan suku bangsa, agama, budaya, gender, bahasa, kebiasaan, ataupun kedaerahan.Multikultural memberi penegasan, bahwa segala perbedaan itu sama di dalam ruang publik. Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya pendidikan multikultural terintegrasi dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam SMA kelas X dan menganalisa seberapa jauh teks mata pelajaran pendidikan agama Islam karya Syamsuri ini telah memuat pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deskriptif-analitik. Kemudian, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Pada skripsi ini, penulis menggunakan data primer yaitu teks mata pelajaran atau buku ajar quot;Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X karangan Syamsuri, dan sebagai data sekunder mengambil sumber informasi yang tidak langsung berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, urgensi mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam;(1) Sebagai sarana alternatif pemecahan konflik, (2) Supaya siswa tidak tercerabut dari akar budaya, (3) Upaya untuk membangun sikap sensitif gender, (4) Membangun sikap anti diskriminasi etnis di sekolah,(5) Membangun sikap toleransi terhadap keberagaman inklusif, (6) Upaya minimalisasi konflik kepentingan. Kedua, terdapat muatan nilai-nilai pendidikan multikultural yang signifikan dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam, hal ini dibuktikan dari total 12 bab materi pelajaran, hampir 8 bab mengandung muatan nilai-nilai pendidikan multikultural. } }