%0 Thesis %9 Skripsi %A MUSTAUFIO, NIM: 00420515 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2005 %F digilib:43462 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K QUANTUM WRITING, PEMBELAJARAN KITABAH, BAHASA ARAB %P 118 %T QUANTUM WRITING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN KITABAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43462/ %X Berdasarkan latar belakang yang penulis uraikan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut: 1.Bagaimana teknik Quantum Writing? 2.Bagaimana teknik pembelajaran keterampilan ldtaoah? 3. Bagaimana implikasi quantum writing terhadap pembelajaran kitiibah? B. Tujuan dan Kegunaan Penelitian 1. Tujuan penelitian a. Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan teknik menulis menurut quantum writing b. Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan teknik pembelajaran kitiibah c. Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implikasi quantum writing terhadap pembelajaran ldtiibah atau menulis teks bahasa Arab. 2. Kegunaan Penelitian Penelitian ini ditujukan untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan, khususnya pembelajaran bahasa Arab dengan nuansa baru sehingga diharapkan dapat bermanfaat, rnenambah khazanah dan menumbuhkan minat serta memotivasi anak didik dalam mengatasi pembelajaran kitiibah atau menulis teks bahasa arab. Penjelasan yang telah dipaparkan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: I. Quantum writing merupakan perpaduan dari konsep belajar accelerated learning, revolusi cara belajar (the learning revolution) dan konsep quantum learning. Dalam quantum writing ada dua pembahasan utama teori menulis yaitu konsep dan teknik menulis yang diambil dari teori-teori menulis dari quantum learning, accelerated learning dan revolusi cara belajar. Konsep menulis dalam quantum writing adalah sebagai berikut: a. Perjalanan menyingkap diri: menulis bisa menyehatkan 1. Menjadi sernakin sebat dengan menulis 2. Peningkatan kekebalan tubuh akibat menulis 3. Apa yang harus kita tulis agar kita sehat 4. Bagaimana mengubah paradigma menulis kita b. Perjalanan menjelajah diri: menulis bagi kita sendiri 1. Lima hambatan untuk bertanya/meminta 2. Tujuh cara bertanya/meminta Manfaat menulis bagi kita sendiri b. Perjalanan mengungk:apkan diri: menulis saudara kembar membaca 1. Menulis membutuhkan membaca dan membaca membutuhkan menulis 2. Menulis ala king dan Rowling 3. Menulis untuk orang lain Teknik menulis menurut quantum writing adalah sebagai berikut: a. Teknik menulis mengalir dengan menggunakan metode peta-pikiran b. Teknik menulis dinamis dengan menggunakan iringan musik c. Teknik menulis sinergis gaya quantum learning d. Teknik menulis super gaya accelerated learning 2. Dari konsep dan teknik quantum writing tersebut temyata mempunyai pengaruh yang besar dalam pembelajaran kita"bah khususnya insya' tahrfi-i atau insya' kitabi yang mencakup tujuan pengajaran menulis, metode pengajaran, materi pengajaran, media pengajaran, lingkungan pembelajaran, proses dan evaluasi pembelajaran. Aplikasi dari quantum writing dalam pengajaran menulis teks bahasa Arab diharapkan dapat membantu peningkatan kemahiran menulis bahasa Arab, karena quantum writing menawarkan dalam mengarang, siswa seharusnya diiringi menggunakan musik untuk menciptakan kondisi yang rileks dan nyaman dalam proses belajar mengajar akhimya serta didik tidak merasa cepat bosan dengan pengajaran mengarang k:hususnya insya' tahrlri atau kitabi. %Z PEMBIMBING: Sembodo Ardi Widodo, M. Ag