%0 Thesis %9 Skripsi %A ROKHAYATI MU'AWANAH NIM. 05420046, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4347 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Active learning, Pembelajaran Bahasa Arab, %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTIVE LEARNING DI KELAS II MA AGAMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas II MA Agama Ali Maksum Yogyakarta dan mengetahui sejauh mana konsep dan prinsip dari active learning diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MA Agama Ali Maksum Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas II MA Agama Ali Maksum Yogyakarta. Kemudian metode analisis datanya dengan cara deskriptif analitik karena umumnya data yang dikumpulkan bukan angka, kalaupun ada angka sifatnya hanya sebagai penunjang saja. Hasil penelitian menunjukkan: Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru bahasa Arab disini masih belum atau kurang maksimal dalam menerapkan konsep dan prinsip active learning, hal ini di karenakan kurangnya media dan penggunaannya, sarana yang tersedia serta kurangnya pengetahuan guru bahasa Arab tentang bagaimana kondisi individu peserta didiknya ketika belajar. Saran yang peneliti ajukan adalah hendaknya pihak sekolah atau madrasah menyediakan sarana dan fasilitas sebagai sarana pendukung dalam kegiatan atau proses pembelajaran, guru bahasa Arab memperluas pengetahuannya tentang bagaimana menciptakan inovasi baru dalam menerapkan metode yang efektif dan efisien, serta bisa memahami kondisi individu peserta didiknya ketika belajar. %Z Pembimbing : Drs. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag.