TY - THES N1 - Pembimbing : Drs.Usman,SS.M.Ag, ID - digilib4348 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4348/ A1 - ROSE ANITA RONA NIM. 05410094, Y1 - 2010/04/26/ N2 - Latar Belakang Masalah yang mendorong penelitian ini adalah realitas pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah, dimana keberhasilan sekolah dalam menginternalisasikan nilai keberagamaan dalam diri peserta didik masih banyak dipertanyakan, tujuan hakiki dari pendidikan agama pada lembaga pendidikan formal yang sejatinya adalah untuk mengembangkan religiousitas dalam diri peserta didik dirasa belum optimal, saat ini masyarakat mulai mempertanyakan efektifitas penyelenggaraan pendidikan agama dalam konteks pembentukan prilaku siswa. Benarkah pendidikan agama mampu memecahkan persoalan dekadensi moral yang terjadi pada bangsa saat ini. Maka MTs N Yogyakarta I sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang memiliki visi untuk mewujudkan anak didik yang berkualitas dalam imtaq dan meningkatkan akhlaqul karimah serta mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari tentunya memiliki upaya untuk mewujudkan makna serta tujuan hakiki dari Pendidikan Agama Islam melalui perwujudan kesadaran keagamaan pada siswa, maka dapat di mengerti, bahwa dalam mewujudkan tujuan hakiki pendidikan agama islam, perwujudan kesadaran dalam menerapkan nilai- nilai keagamaan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan, maka penulis tertarik dengan melihat upaya MTs N Yogyakarta I dalam membangun kesadaran keagamaan pada siswa kelas VII MTs N Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs N Yogyakarta I. Pengumpulan data di lakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil pengisian angket dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru dalam membangun kesadaran keagamaan terwujud dalam program pembinaan keagamaan di MTs Negeri Yogyakarta I yang mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan pengetahuan keagamaan, pengembangan pengamalan keagamaan dan pengembangan pengalaman keagamaan yang mencakup beberapa kegiatan seperti: kegiatan ceramah pada hari besar islam, pembagian zakat fitrah, pembagian hewan kurban, sholat jum'at, sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, ibadah puasa, seni baca Al-Quran, tartil qur'an, dan latihan khotib. Program pembinaan keagamaan yang dilaksanakan di MTs N Yogyakarta I dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase tingkat kesadaran keagamaan siswa yang mencapai angka 82,45% dengan kategori sangat tinggi. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan Agama Islam KW - Kesadaran Keagamaan M1 - skripsi TI - UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN KESADARAN KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS VII MTs N YOGYAKARTA I AV - restricted ER -