eprintid: 4357 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/43/57 datestamp: 2012-08-14 14:06:16 lastmod: 2017-03-17 08:02:28 status_changed: 2012-05-04 16:46:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI NUR ROHMAWATI NIM. 03470646, title: INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Integrasi nilai-nilai tauhid , pembelajaran mata pelajaran sains note: Pembimbing : Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang integrasi nilai-nilai tauhid pada rencana pembelajaran matapelajaran sains dan bentuk integrasinya pada pembelajaran matapelajaran sains. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi, perbaikan, dan pengembangan integrasi nilai-nilai tauhid pada materi pelajaran dan implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu integrasi nilai-nilai tauhid pada matapelajaran sains di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, integrasi nilai-nilai tauhid pada rencana pembelajaran matapelajaran sains di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta adalah Nilai-nilai tauhid yang ada pada rencana pembelajaran materi pelajaran sains yang dipergunakan di SDIT Hidayatullah Yogyakarta ialah dengan menggunakan bentuk kajian verifikasi yaitu mengungkapkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang menunjang dan membuktikan kebenaran-kebenaran ayat-ayat al- Qur'an. Nilai-nilai tauhid yang ada pada meteri pelajaran sains meliputi tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah, dan tauhid asma' wa sifat. Kedua, Bentuk integrasi nilai-nilai tauhid pada pembelajaran mata pelajaran sains, ialah bentuk integrasi keilmuan berbasis tasawuf. Pembentukan ruhiyah Islamiyyah yang dilakukan pada kegiatan belajar ialah dengan menyampaikan Ulumuddin (ilmu pengetahuan Agama) kepada para siswa. Materi Ulumuddin yang diberikan adalah materi dasar. Hal tersebut mengingat peserta didik berada pada jenjang usia menuju baligh,sehingga lebih banyak diberikan materi yang bersifat pengenalan menumbuhkan keyakinan.Dengan demikian,diharapkan peserta didik memiliki landasan keimanan yang kuat yang dihasilkan atau terlahir dari proses pembelajaran. date: 2010-04-26 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-26 12:27:28 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitinurroh-4137-1-sitinur-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/83/digilib-uinsuka--sitinurroh-4137-1-sitinur-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4655 ; nama file lama : SITI NUR ROHMAWATI - NIM. 03470646 INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1164229 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI NUR ROHMAWATI NIM. 03470646, (2010) INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4357/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4357/2/BAB%20II%2CIII.pdf