eprintid: 4359 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/43/59 datestamp: 2012-08-15 09:35:04 lastmod: 2017-04-05 02:46:12 status_changed: 2012-05-04 16:46:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PRASTIWI NUR AMIN NIM. 06420078, title: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: B subjects: P divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab , proses pembelajaran note: Pembimbing : Drs. Nurhadi, M.A abstract: SMP Muhammadiyah 3 Kokap merupakan lembaga pendidikan formal yang berada di bawah yayasan Muhammadiyah dan merupakan amal usaha Muhammadiyah di Ranting Hargomulyo. Dari yayasan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta menetapkan bahwa semua SMP yang berada di bawah yayasan Muhammadiyah diberikan mata pelajaran mulok utama, yaitu Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab yang disingkat ISMUBA. Dengan melihat latar belakang siswa dari segi keagamaan yang sangat kurang, maka untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat sulit. Maka dengan diadakannya pelajaran bahasa Arab akan dapat membantu siswa mempelajari al-Quran dan mengenal bahasa Arab. Permasalahan yang ada di SMP Muhammadiyah 3 Kokap kaitannya dengan mata pelajaran bahasa Arab, para siswa belum menguasai al-Quran, masih binggung membedakan huruf-huruf hijaiyah, cara menuliskan kalimat Arab, dan untuk pengkondisian siswa yang sulit. Di samping itu pendidik yang mengampu mata pelajaran bahasa Arab berlatar belakang akademiknya bukan pada bidang bahasa Arab, serta kedudukan guru bahasa Arab di sekolah tersebut untuk menamabah jam mengajar, sehingga dalam mengajarkan bahasa Arab kepada siswa kurang maksimal. Padahal peranan guru bahasa Arab sangat diperlukn bagi siswa untuk keberhasilan belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kokap Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berupa menggambarkan dan menganalisis fenomena yang ada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terhadap proses pembelajaran,wawancara dengan siswa, guru bahasa Arab, kepala sekolah, dan guru terkait.Kemudian mengadakan penyebaran angket kepada siswa sebagai data pendukung dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa siswa dan para guru bahasa Arab. Analisis data yang digunakan adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas VII SMP Muhammadiayah 3 Kokap mempunyai rasa antusias untuk mempelajari bahasa Arab, selain itu usia mereka masih mudah untuk dikendalikan, pendidik bahasa Arab kurang dalam pengalaman mengajar bahasa Arab, namun realita di lapangan ada beberapa problem yang dihadapi yaitu problem linguistik, metodologis, dan sosiologis. Beberapa solusi yang sementara dilakukan untuk meminimalisir diantaranya: mengadakan jam tambahan baca tulis Al-Quran dan Iqro dengan memilih secara selektif siswa yang belum mampu. Mengenalkan dialek orang arab melalui CD player agar siswa semakin termotivasi belajar bahasa Arab, serta menekankan siswa minimal dapat membaca kontek bahasa Arab. date: 2010-04-26 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-26 14:09:22 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--prastiwinu-4139-1-prastiwi-o.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/83/digilib-uinsuka--prastiwinu-4139-1-prastiwi-o.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4656 ; nama file lama : PRASTIWI NUR AMIN - NIM. 06420078 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1034100 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: PRASTIWI NUR AMIN NIM. 06420078, (2010) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4359/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4359/2/BAB%20II%2CIII.pdf