%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ZAMHARI - NIM. 05440029, %B Fakultas Saintek %D 2010 %F digilib:4364 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pengembangan Media, Buku Kartun Kimia, Laju Reaksi. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN KIMIA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA-MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4364/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan buku kartun kimia untuk siswa SMA/MA materi pokok laju reaksi, (2) Mengetahui kualitas buku kartun yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Pengembangan buku kartun kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penilaian buku kartun kimia berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 29 indikator penilaian. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku kartun kimia. Produk penelitian ini berupa buku kartun kimia dalam pembelajaran materi pokok laju reaksi untuk siswa SMA/MA. Buku kartun kimia ini terdiri dari sepuluh sub materi pokok, yaitu konsep mol, molaritas, pengenceran, laju reaksi, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, teori tumbukan, persamaan laju reaksi dan orde reaksi, makna orde reaksi, tahap penentu laju reaksi, dan cara penentuan orde reaksi. Buku kartun kimia yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) menurut penilaian 5 guru kimia SMA/MA dengan skor 113,8 dari skor maksimal 145 dan persentase keidealan 78,48%, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang. %Z Pembimbing: 1. Khamidinal, M.Si., 2. Nina Hamidah, S.Si., M.A.,