%0 Thesis %9 Skripsi %A Shopa Listi Meilina, NIM 17102020004 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2020 %F digilib:43647 %I FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %K Kolaborasi, Guru BK, Guru PAI, Wali Kelas, Kedisiplinan, Salat Berjamaah. %P 107 %T KOLABORASI GURU BK, PAI, DAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT BERJAMAAH SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43647/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih rendah dalam hal kedisiplinan Salat Berjamaahnya, kemudian guru bk mengadakan kolaborasi dengan guru pai dan wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk kolaborasi Guru BK, PAI dan Wali Kelas dalam meningkatkan kedisiplinan Shalat Berjama’ah. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan subjek guru BK, guru PAI, Wali Kelas, dan dua siswa pelanggar kedisiplinan, Adapun objek dari penelitian ini mengenai bentuk-bentuk kolaborasi dalam meningkatkan kedisiplinan salat berjamaah siswa MAN 4 Bantul Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu mengklarifikasi data yang telah terhimpun untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kolaborasi ada dua yaitu formal dan informal. Formal dengan membuat jadwal kultum, absensi siwa, membuat jadwal adzan. Sedangkan informal yaitu dengan patroli siswa dan konseling individu. %Z Dr. H. Rifa’i, M.A