eprintid: 4365 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/43/65 datestamp: 2012-08-15 09:44:05 lastmod: 2016-02-01 06:22:50 status_changed: 2012-05-04 16:46:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEPTI SHINTA SUNARYATI - NIM. 03460499, title: PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB)) ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: outbound, Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir. note: Pembimbing: Drs. Murtono, M. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep sains dalam materi Gaya dan Pesawat Sederhana yang terjadi di kalangan siswa SDN Timbulharjo Depok Sleman melalui outbound, dengan menanamkan Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) di SDN Timbulharjo Depok Sleman melalui kegiatan outbound Pesawat Sederhana melalui outbound, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh, khususnya pendidikan sains. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi tentang aktivitas siswa, lembar observasi kinerja siswa dalam kegiatan outbound, serta jawaban hasil pretest-postest siswa. Untuk mengetahui keberhasilan proses dan produk dalam penelitian ini. Pengukuran ranah kognitif dengan menskor soal-soal pretest-postest. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Timbulharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi D.I. Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa pada tahun ajaran 2007/2008. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Outbound sebagai media pembelajaran sains dapat meningkatkan pemahaman konsep sains dalam materi Gaya dan Pesawat Sederhana ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor post test pada setiap siklusnya. 2) Outbound dapat digunakan sebagai upaya penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) ditunjukkan dengan adanya peningkatan kinerja siswa yang bertahap dari siklus I-III. 3) Outbound dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Timbulharjo Depok Sleman dalam pembelajaran Gaya dan Pesawat Sederhana, ditunjukkan dengan keaktifan siswa yang meningkat pada kegiatan diskusi. Hal ini tampak adanya peningkatan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran disetiap siklusnya. Pada siklus I rerata benar siswa dalam mengerjakan tes 45,24 %, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 68,53 %, dan peningkatan pada siklus III 93,75 %. date: 2010-04-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-27 09:03:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--septishint-4146-1-septish-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/83/digilib-uinsuka--septishint-4146-1-septish-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4663 ; nama file lama : SEPTI SHINTA SUNARYATI - NIM. 03460499 PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1754810 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SEPTI SHINTA SUNARYATI - NIM. 03460499, (2010) PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB)). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4365/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4365/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf