%0 Thesis %9 Skripsi %A MAFTUHATUL MUNA AL ATIQOH, NIM. 00430152 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2005 %F digilib:43688 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Matematika, behavior, kompetensi, teori belajar konstruktivisme %P 128 %T PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43688/ %X Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar matematika dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi menurut teori belajar konstruktivisme? Mengetahui impl ementasi pembelajaran matematika terkait dengan peran siswa dan guru dalam interaksi pada proses pembelajaran dengan Kurikulu m Berbasis Kompetensi menurut teori konstruktivisme. Dari pemaparan yang telah disampaikan, penyusun dapat mengambi I kesimpulan sebagai berikut: 1. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar antara l ai n; faktor usia, faktor pendekatan pembelajaran dan faktor motivasi s1swa. 2. Pembe la jaran matematika dengan teori belajar konstruktivisme memandang siswa sebaga i individu yang selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai bagi di rinya. Guru hanya la h berfungs i s ebagai mediator, fasili tato r, dan teman yang membuat sit uasi yang kond usif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada di ri s is wa. Dalam pembelaja ran mo del ini, siswa lebih diutamakan untuk mengkons truksi sendiri pengetahuan . mereka melalui asi milas i dan akomodasi 0leh' karena itu g uru harus m_a mpu melayani ' berbagai karakteristlk siswa, paling tidak terdapat 3 golongan sis wa, yaitu vi golongan yang ke cep atan bela jarnya' tinggi, s edang dan rendah. 3. Dalam hal pelayanan terhadap siswa yang mempunyai kecepatan belajar berbeda, guru perlu terus mengasah kemampuan mengembangkan bahan ­ bahan belajar yang bervariasi, sesuai dengan kelompok siswa yang ada. %Z Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si.