eprintid: 43741 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/37/41 datestamp: 2021-09-02 06:46:42 lastmod: 2021-09-02 14:46:41 status_changed: 2021-09-02 06:46:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Anik Maftuhah, NIM.: 14110114 title: AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE ispublished: pub subjects: an_teks divisions: jur_bsa full_text_status: restricted keywords: Cerpen, Semiotik, Ikon, Indeks, Simbol. note: Pembimbing : Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A. abstract: Skripsi berjudul al Qisshah al Qashirah “Nishf Yaum” Li Najib Mahfudh Dirasah Tahliliyyah Simyaiyyah Li Charles Sanders Peirce dilatar belakangi oleh objek material dan objek formal. Dari sisi objek materialnya pemilihan cerpen Nishf Yaum karena cerpen ini merupakan salah satu judul dalam antologi cerpen Al Fajr Al Kadzib karya Najib Mahfudh yang diterbitkan oleh library Mesir pada tahun 1988. Cerpen ini merupakan cerita pendek yang menceritakan perjalanan kehidupan di bumi dan kecepatan di mana kehidupan dimulai dan berakhir. Begitu juga memberikan representasi pada tahapan dan perubahan yang terjadi dalam diri seseorang selama mereka hidup di bumi. Pesan semiotik yang terdapat dalam cerpen ini adalah bahwa hidup di dunia ini hanya sebentar. lakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Dari sisi objek formalnya penggunaan teori semiotik Charles Sanders Peirce karena teori ini sangat efektif untuk mengkaji karya sastra Arab yang selalu menarik dengan keindahan bahasanya dan kedalaman maknanya yang sarat dengan unsur-unsur balaghi, sehingga membutuhkan analisis secara komprehensif untuk memahami makna-makna yang tersirat di dalamnya. Skripsi ini mengkaji unsur-unsur semiotik yang diusung oleh Charles Sanders Peirce terfokus pada bagian paling fundamental dari tanda, yaitu berupa ikon, indeks, dan simbol pada cerpen Nishf Yaum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan jenis penelitian library research. Dengan menggunakan teori tersebut hasil yang ditemukan adalah, ikon: gambaran sekolah, gambaran keadaan di masa lalu (sebelum berangkat sekolah), dan gambaran berubahnya keadaan sepulang dari sekolah. Indeks: menangis, bingung, ridha, bermuka kecut dan masam, bukan hari raya, hari pertama memasuki sekolah, perasaan sangat mengenal seseorang ketika melihatnya dan pabrik. Simbol: anggukan kepala, berjabat tangan, menolong, surga ma‟wa, pagi buta, matahari tenggelam, setengah hari, sekolah, pintu gerbang, guru perempuan dan laki-laki dan mengulurkan tangan. date: 2020-11-06 date_type: published pages: 53 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anik Maftuhah, NIM.: 14110114 (2020) AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43741/1/14110114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43741/2/14110114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf