%0 Thesis %9 Skripsi %A SUNARJO PATINEGARA - NIM. 06470033, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4376 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pemberdayaan Pendidikan %T PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK KURANG MAMPU OLEH PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4376/ %X Tulisan ini lahir dari keprihatinan penulis terhadap perkembangan pendidikan generasi muda sebagai harapan masyarakat, agama, bangsa dan Negara yang jauh dari cita-cita para pendiri negeri ini. Krisis multidimensi yang masih melanda negeri ini harus diakui masih menyisihkan berbagai macam persoalan, diantaranya persoalan pendidikan yang didalamnya menyangkut keadaan anak usia sekolah yang karena faktor ekonomi sehingga menjadikan mereka putus sekolah dan bekerja sebagai buruh kasar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Realitas tersebut sungguh jauh dari harapan para pendiri negeri ini, sebagaimana tekad mereka yang tertuang dalam Amandemen UUD 1945 Pasal 31 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan (Pasal 1) setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya (Pasal 2). Melihat kondisi seperti itu, maka kemudian yang memainkan peran penting untuk meminimalisir kondisi anak-anak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan adalah panti asuhanpanti asuhan yang menampung sekaligus membiayai pendidikan bagi anak-anak tersebut, yang umumnya dari keluarga miskin dan tidak mampu. Sebagaimana yang terlihat di PAY Putra Muhammadiyah Yogyakarta yang menapung anak usia sekolah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai kegiatan pemberdayaan yang ada di PAY Putra Muhammadiyah Yogyakarta serta kontribusinya dalam upaya mencetak generasi penerus agama, bangsa dan negara. Penelitian ini merupakan studi kancah atau penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh panti asuhan untuk memberdayakan anak asuhnya. Program-program pemberdayaan itu adalah : (1) Pendidikan formal (sekolah), (2) Pendidikan keagamaan (3) Latihan khutbah dan pidato (4) Pelatihan keterampilan Bahasa Jepang, Inggris, Arab dan Komputer (5) Pendidikan seni (musik), (6) Pendidikan olah raga (7) Kegiatan insidental seperti, Kursus materi yang diujikan dalam UN untuk kelas IX SMP dan kelas XII SMA, kegiatan PHBI, Undangan, dll.Dari program tersebut, hasil yang telah dicapai yakni:(a)anak-anak dapat melanjutkan pendidikannya karena dibiayai oleh panti, (b) anak dapat membaca Al-Qur'an, (c) kemampuan dakwah anak-anak dengan mengisi jadwal kultum di beberapa masjid sekitar panti tiap bulan ramadhan (d) anak melaksanakan sholat wajib dengan disiplin (e)prestasi akademik disekolah (f)anak berprilaku terpuji dalam berakhlak (g) mendapatkan prestasi dari beberapa kegiatan perlombaan yang dilaksanakan oleh pemerintah baik provinsi maupun kota. %Z Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si.