TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag. ID - digilib4377 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4377/ A1 - TRIANSYAH PUTRA NIM. 06410155-05, Y1 - 2010/04/27/ N2 - div align= quot;center quot; Latar belakang penelitian ini adalah Akhir-akhir ini banyak sekali kita temui pelangaran-pelangaran HAM yang dilakukan sengaja maupun tidak sengaja yang ada disekitar kita misalnya: pembunuhan, pencurian, tawuran antar pelajar, pengengkangan untuk bicara, dan tidak ada keadilan untuk masyarakat kecil di depan hukum, lebih memperhatinkan pelanggaran-pelanggaran HAM ini banyak dilakukan oleh para remaja yang kurang didukung oleh bimbingan orang tua berserta pendidikan yang kurang memberikan tentang HAM. Maka diperlukan pembenahan pada pendidikan khususnya pendidikan agama Islam dimana diharapkan PAI mampu membuat para remaja bisa saling menghormati orang lain, toleransi antar sesama peseta didik maupun masyarakat luas dengan menjunjung nilai-nilai HAM. Salah satu pembenahan yang dilakukan yaitu dengan memasukkan nilai-nilai HAM kedalam kurikulum PAI pada Sekolah Menengah Atas. Melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi-materi PAI yang mengandung nilai-nilai HAM dalam buku pelajaran PAI untuk Sekolah Menengah Atas dan untuk mengetahui kenapa pelangaran HAM terus naik. Kemudian hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan terhadap pengembangan khasana keilmuan dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang akomodatif terhadap nilai-nilai HAM. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka(library research), dengan menganalisis isi dari materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam buku pelajaran agama Islam untuk Sekolah Menegah atas. Pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan dokumentasi yang menjadi obyek penelitian, dari data didapat kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi-materi mata pelajaran PAI dalam buku pelajaran PAI mengandung nilai-nilai HAM dalam buku PAI kelas X, pada bab tiga, bab keempat, bab ketujuh, bab kesepuluh, bab keduabelas, pada buku kelas XI bab kedua, bab kesepuluh, bab pada buku kelas XII bab kesatu, bab kedua, bab keempat, bab ketujuh, bab kesembilan, bab kesepuluh. Aplikasi nilai-nilai HAM dalam buku pelajaran PAI di sekolah menjadi kewajiban pemerintah, guru, siswa, masyarakat. Pemerinta berkewajiban untuk menciptakan sebuah sistem pendidikan yang berorientasi pada HAM dengan mamasukkan nilai-nilai HAM kedalam kurikulum. Guru mempunyai kewajiban untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai HAM didalam pembelajaran tersebut.dan dari buku tersebut diharapkan para peserta didik bisa mengaplikasikan nilai-nilai HAM kedalam kehidupan bermasyarakat. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Hak asasi manusia KW - Pendidikan agama Islam M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran PAI SMA Tahun Ajaran 2009/2010) AV - restricted ER -