TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag. ID - digilib43800 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43800/ A1 - Lulu Hifdiatul Amalina, NIM.: 13410101 Y1 - 2020/12/18/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah adanya pembelajaran Tahfiz Alquran yang tergolong baru, sehingga membutuhkan adanya proses manajemen untuk tercapainya pembelajaran dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, Mengetahui awal mula dan kondisi pembelajaran Tahfidz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Kedua, untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Ketiga, Mengetahui faktor penghambat dalam manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian lapangan kualitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri 2 Sleman. Populasi penelitian ini kepala sekolah, waka kurikulum dan guru penanggung jawan Mata pelajaran Tahfiz Alquran di MTs Negeri 2 Sleman Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dalam pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Adanya awal mula dibentuknya materi pembelajaran Tahfiz Alquran ini adalah untuk membekali pesera didik dapat membaca Alquran dengan baik serta Alquran minimal juz 30. 2) Adanya manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 3) Faktor penghambat dalam manajemen yaitu: Hambatan perencanaan, sebagian kurikulum belum dijalankan, Hambatan pengorganisasian, tidak semua guru materi Tahfiz Alquran dilibatkan dalam Rencana Kerja Madrasah. Hambatan pelaksanaan, peserta didik kurang konsentrasi, guru atau penanggung jawab tidak dapat mengendalikan peserta didik. Hambatan pengawasan, guru tidak mampu memahami semua kemampuan peserta didik. Hambatan evaluasi, proses evaluasi yang berjalan dengan lancar namun pengaplikasiannya tidak selalu sejalan dengan keinginan-keinginan saat evaluasi dilaksanakan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen KW - Tahfiz Alquran M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN AV - restricted EP - 130 ER -