eprintid: 43800 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/38/00 datestamp: 2021-09-04 04:00:17 lastmod: 2021-09-04 04:00:17 status_changed: 2021-09-04 04:00:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lulu Hifdiatul Amalina, NIM.: 13410101 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Tahfiz Alquran note: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya pembelajaran Tahfiz Alquran yang tergolong baru, sehingga membutuhkan adanya proses manajemen untuk tercapainya pembelajaran dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, Mengetahui awal mula dan kondisi pembelajaran Tahfidz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Kedua, untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Ketiga, Mengetahui faktor penghambat dalam manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian lapangan kualitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri 2 Sleman. Populasi penelitian ini kepala sekolah, waka kurikulum dan guru penanggung jawan Mata pelajaran Tahfiz Alquran di MTs Negeri 2 Sleman Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dalam pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Adanya awal mula dibentuknya materi pembelajaran Tahfiz Alquran ini adalah untuk membekali pesera didik dapat membaca Alquran dengan baik serta Alquran minimal juz 30. 2) Adanya manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 3) Faktor penghambat dalam manajemen yaitu: Hambatan perencanaan, sebagian kurikulum belum dijalankan, Hambatan pengorganisasian, tidak semua guru materi Tahfiz Alquran dilibatkan dalam Rencana Kerja Madrasah. Hambatan pelaksanaan, peserta didik kurang konsentrasi, guru atau penanggung jawab tidak dapat mengendalikan peserta didik. Hambatan pengawasan, guru tidak mampu memahami semua kemampuan peserta didik. Hambatan evaluasi, proses evaluasi yang berjalan dengan lancar namun pengaplikasiannya tidak selalu sejalan dengan keinginan-keinginan saat evaluasi dilaksanakan. date: 2020-12-18 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lulu Hifdiatul Amalina, NIM.: 13410101 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43800/1/13410101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43800/2/13410101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf