%0 Thesis %9 Skripsi %A Sofiatul Azizah, NIM.: 13410148 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:43859 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Implementasi, pembelajaran multiliterasi, Pendidikan Agama Islam %P 138 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT CAHAYA INSANI PARAKAN TEMANGGUNG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43859/ %X Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan pembelajaran multiliterasi di sekolah padahal pembelajaran multiliterasi sangatlah penting untuk menghasilkan generasi pembelajar memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir metakognisi, dan kemampuan berpikir kreatif. Oleh sebab itu , perlu adanya penerapan pembelajaran multiliterasi di sekolah, agar dapat memperluas pemahaman siswa terhadap suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui implementasi pembelajaran multiliterasi di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung, 2) mengetahui kendala-kendala pembelajaran multiliterasi di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar SDIT Cahaya Insani parakan Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan histori. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi pembelajaran multiliterasi dalam Pendidikan Agama Islam di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung dilakukan berkesinambungan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah tersebut yakni adanya kegiatan yang melatih keterampilan membaca , keterampilan menulis , keterampilan berbicara , dan keterampilan menguasai media informasi dan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Pelaksanaan pembelajaran multiliterasi di sekolah ini sudah didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang tepat. Untuk pelaksanaan pembelajaran multiliterasi dalam PAI di sekolah ini sudah sesuai dengan komponen pembelajaran multiliterasi, dimensi pembelajaran multiliterasi dan siklus pembelajaran multiliterasi. Namun masih ada beberapa siswa ketika proses pembelajaran atau penugasan masih ada yang bergurau terutama siswa laki-laki, dan proses pengerjaan tugas tidak sesuai dengan waktu yang diberikan guru. Sehingga alokasi waktu yang digunakan masih kurang untuk melaksanakan salah satu siklus pembelajaran multiliterasi. 2) kendala-kendala pembelajaran multiliterasi di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung meliputi kurangnya alokasi waktu pembelajaran, minimnya sarana prasaranya, kurangnya rasa percaya diri siswa, %Z Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag